Mengenal Trading Crypto Idx dan Mata Uang Digitalnya

Mengenal Trading Crypto Idx dan Mata Uang DigitalnyaTrading crypto Idx saat ini tengah naik daun karena kinerjanya mirip dengan pergerakan saham konvensional pada umumnya. Hanya saja, yang diperdagangkan di bursa adalah mata uang digital atau aset kripto.

Hanya saja, proses perdagangan tersebut hanya terbatas pada empat mata uang digital yang menjadi dasarnya, yakni Bitcoin, Ethereum, Litecoin, hingga Zcash. Simak penjelasan dari masing-masing aset tersebut di bawah ini.

Mata Uang Digital untuk Trading Crypto Idx

Bagi investor berpengalaman, aset kripto yang tergabung dalam Idx merupakan kesempatan emas baginya untuk meraih keuntungan. Selain itu, nama-nama besar dari mata uang digital tersebut juga menjadi pertimbangan tersendiri.

  1. Bitcoin

Bitcoin adalah sistem cryptocurrency peer-to-peer terdesentralisasi yang memproses transaksi melalui unit pertukaran digital. Jaringan dari mata uang digital yang ditemukan pada 2009 ini telah mendominasi, dan bahkan mendefinisikan platform kripto.

Salah satu keunggulan dari Bitcoin adalah, nilai dari aset tersebut tidak dikendalikan atau diatur oleh otoritas pusat seperti pemerintah, karena statusnya yang terdesentralisasi sehingga bergerak mandiri mengikuti mekanisme bursa perdagangan.

  1. Ethereum

Ethereum merupakan platform blockchain dengan cryptocurrency mandiri yang disebut Ether (ETH) atau Ethereum. Aset digital ini diciptakan dengan bahasa pemrograman internalnya sendiri bernama Solidity, dan popularitasnya telah dikenal secara luas.

Ethereum terdesentralisasi untuk memverifikasi dan mencatat setiap transaksi dari investor. Pengguna jaringannya yang bernama “DApss”, bisa membuat, menerbitkan, memonetisasi, dan menggunakan aplikasi di platform, sehingga memiliki nilai pasar setelah Bitcoin.

  1. Litecoin

Trading crypto Idx juga bisa dilakukan dengan menggunakan Litecoin, yakni aset kripto terpopuler yang didirikan tahun 2011 atau dua tahun setelah Bitcoin oleh mantan insinyur ternama Google bernama Charlie Lee.

Karena Litecoin didasarkan pada jaringan pembayaran global yang menggunakan sumber terbuka, nilai dari mata uang digital tersebut tidak dikendalikan oleh otoritas tertentu. Tidak heran jika popularitasnya tidak kalah dengan Bitcoin.

  1. ZCash

ZCash adalah cryptocurrency dengan blockchain yang terdesentralisasi dengan berusaha memberikan anonimitas dan transaksi keduanya pada penggunanya, sehingga identitas aslinya tidak diketahui. Sebagai mata uang dengan bentuk digital, cara kerja dari ZCash mirip dengan cara kerja Bitcoin.

ZCash didirikan oleh Zooko Wilcox-O’Hearn pada Oktober 2016 dan memiliki kode dari sumber terbuka dengan perbedaan utama terletak pada tingkat privasinya. Kemunculannya sebagai jawaban atas keluhan transaksi kripto yang rawan dilacak.

Keuntungan Trading Kritpo Idx dalam Jangka Panjang

Aset kripto pilihan seperti Idx di atas sering menjadi pilihan bagi trader karena menjanjikan keuntungan besar jika dilakukan dalam jangka panjang. Di antaranya adalah tidak terpengaruh inflasi dan nilainya tinggi.

  1. Terdesentralisasi dan Tidak Terpengaruh Inflasi

Trading crypto Idx sangat menguntungkan karena token-token yang berada di Idx seperti Bitcoin, Litecoin, Ethereum, dan ZCas secara native telah terdesentralisasi. Ini artinya, nilai masing-masing tidak ditentukan oleh otoritas tertentu.

Karena terdesentralisasi, tidak ada batasan berapa banyak kripto yang bisa ditambang sehingga menciptakan ekonomi baru dengan pasokan tetap di bursa. Ini artinya, Anda aset digital Anda tidak akan terdepresiasi inflasi.

  1. Transaksinya Aman dan Cepat

Proses transaksi aset kripto bisa dilakukan dengan cepat karena tidak memerlukan perantara yang terlibat, sehinga waktu tunggunya sangat sedikit. Keamanannya juga lebih terjamin karena transaksi dicatat dalam buku besar terdistribusi.

Ini artinya, seseorang yang mencoba membuat perubahan secara tidak sah, akan mudah diketahui oleh seluruh komunitas pengguna kripto. Salah satunya adalah Zcash dengan kemampuan anonimitas untuk menyembunyikan identitas pemilik kripto.

Tingginya permintaan aset kripto di masyarakat digital pada saat ini, membuat benda tersebut memiliki peluang besar bagi para investor dan trader. Tidak heran jika trading crypto Idx menjadi pilihan utama.